Cara Membuat Bokeh Pada Foto dengan Hasil Lebih Optimal « PesonaDunia

Cara Membuat Bokeh Pada Foto dengan Hasil Lebih Optimal

Ulasan cara membuat bokeh pada foto di bawah ini akan membuat anda bisa mendapatkan hasil bokeh pada foto dengan mudah. Memang tidak dipungkiri foto bokeh sedang menjadi trend baru saat ini makanya anda harus tahu dan bisa cara membuatnya. Yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini.

Hal-hal yang mempengaruhi ke-bokeh-an suatu foto

Jika anda ingin membuat bokeh pada foto, ada beberapa hal yang mempengaruhi ke-bokeh-an foto yang harus anda tahu. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

Aperture

Aperture atau bisa juga disebut bukaan lensa adalah adalah ukuran besar dan kecil terbukanya iris lensa yang mana bisa diukur dengan f-number. Teorinya, semakin besar bukaan lensa kamera maka semakin bokeh pula foto yang akan dihasilkan. Jadi sampai sini anda sudah paham jika anda ingin foto bokeh maka gunakanlah aperture yang paling besar yang dimiliki lensa kamera anda.

cara membuat foto bokeh pada foto

Focal length lensa

Selain aperture juga ada focal length lensa yang bisa mempengaruhi ke-bokeh-an foto. Focal length lensa adalah jarak antara bagian tengah elemen optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor kamera yang mana diukur dalam satuan milimeter (mm). Jadi jika anda ingin mendapatkan hasil bokeh maka gunakan focal length lensa terpanjang yang anda miliki hingga batas maksimal, semakin panjang semakin bokeh foto yang dihasilkan.

cara membuat foto bokeh pada foto

Titik fokus terhadap lensa

Titik fokus juga bisa menjadi faktor yang akan mempengaruhi ke-bokeh-an suatu foto. Oleh karena itu jika anda ingin mendapatkan foto bokeh maka anda harus mendekat kepada objek yang ingin anda foto.

Titik fokus terhadap background

Hal berikutnya yang bisa mempengaruhi ke-bokeh-an foto yang dihasilkan adalah jarak objek atau titik fokus terhadap latar belakang. Teorinya adalah semakin jauh latar belakang dengan objek foto utama maka semakin bokeh pula foto yang akan anda hasilkan.

Jadi setelah anda mengetahui hal-hal yang bisa mempengaruhi ke-bokeh-an suatu foto di atas diharapkan bisa membantu anda membuat foto bokeh dengan tingkat ke-bokeh-an yang sesuai dengan selera anda.

Tips dan teknik mendapatkan foto bokeh

Setelah dibahas hal-hal yang bisa mempengaruhi ke-bokeh-an foto di atas, maka di bawah ini akan diulas tips dan cara membuat bokeh pada foto. Langsung saja disimak di bawah ini:

Perhatikan fokus pada objek

Untuk mendapatkan foto bokeh yang maksimal, pertama anda harus memperhatikan fokus pada objek. Tentunya anda ingin menonjolkan pesona utama dari objek yang ingin anda jepret. Oleh karena itu anda harus menempatkan titik fokus kamera tepat pada objek utama agar bagian tersebut menjadi tajam dan jelas hasilnya.

Misalnya saja jika objek utama yang ingin anda tonjolkan adalah manusia maka titik fokus lensa harus anda tempatkan pada mata orang/objek tersebut.

Menggunakan lensa fix/prime

Tips berikutnya anda bisa menggunakan kamera dengan lensa fix atau lensa prime. Lensa jenis ini adalah lensa yang hanya memiliki satu focal length saja, misalnya saja canon 50mm f/1.8, Nikon 35mm f/1.4G dan seterusnya.

cara membuat foto bokeh pada foto

Lensa prime akan membantu anda mendapatkan foto bokeh dengan kualitas yang bagus karena biasanya lensa ini memiliki bukaan/aperture yang besar. Harganya juga lebih terjangkau daripada lensa zoom.

cara membuat foto bokeh pada foto

Nah demikianlah ulasan cara membuat bokeh pada foto yang bisa kami sajikan. Semoga dengan membaca artikel ini anda akan terbantu sehingga bisa menghasilkan foto bokeh dengan kualitas yang bagus.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *