Mangrove Munjang Kurau Barat, Dunia Lain yang Melenakan

Mangrove Munjang Kurau Barat, Dunia Lain yang Melenakan

Tempat-tempat yang indah dan eksotis, pasti menjadi incaran para traveler. Di tempat ini anda bisa menghilangkan penat, bahkan dapat membantu memunculkan inspirasi dalam berkarya. Salah satu destinasi wisata yang akan membuat anda terlena adalah mangrove Munjang Kurau Barat.

Apa keistimewaan dari objek wisata mangrove yang satu ini? Sisi-sisi apa saja yang bisa kita eksplorasi? Nah, semua pertanyaan mengenai hutan mangrove Munjang Kurau Barat akan dijelaskan di dalam artikel yang berikut ini!

Berkenalan dengan Mangrove Munjang Kurau Barat

Hutan mangrove Munjang Kurau Barat terletak di kepulauan Bangka Belitung. Hutan mangrove Munjang Kurau Barat memiliki peran penting bagi keseimbangan alam, yaitu untuk menghindari pengikisan yang disebabkan oleh air laut. Selain untuk menjaga keseimbangan alam, hutan ini pun melindungi wilayah daratan dari pukulan ombak besar dan tinggi beserta tiupan angin laut.

Hutan mangrove di kawasan provinsi Bangka Belitung ini memiliki luas kurang lebih 213 hektar. Dari seluruh luasan hutan, ada 30% dari kawasan hutan yang dikelola oleh pemerintah. Sejak tahun 2017 kawasan hutan mangrove Munjang Kurau Barat ini mulai diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai objek ekowisata.

pemandangan dari atas

Untuk berkunjung ke hutan mangrove ini, kita perlu menempuh jarak 20 kilometer dari pusat ibukota Pangkal Pinang. Setelah menempuh perjalanan menggunakan mobil, anda perlu berjalan kaki sejauh 300 meter dari tepi jalan raya. Jika anda hanya ingin melihat-lihat kawasan ini saja, anda dapat mengitarinya menggunakan perahu.

Untuk berkeliling menggunakan perahu di kawasan hutan mangrove ini, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Mengapa? Ini dikarenakan biaya menaiki perahu ini relatif murah yaitu 10 ribu rupiah per orang. Jadi pulang pergi hanya membutuhkan biaya 20 ribu rupiah saja.

Keunikan Mangrove Munjang Kurau Barat

Keunikan sebuah tempat wisata pasti akan mengundang para pengunjung dan mampu membuat pengunjung terlena untuk menikmatinya. Begitupula dengan keunikan yang dimiliki oleh hutan mangrove Munjang Kurau Barat. Sebagai tempat yang telah dikelola sebagai objek ekowisata, tempat ini menawarkan perpaduan antara pemandangan hutan mangrove yang eksotis dengan spot-spot foto yang kekinian.

mangrove munjang kurau barat

Hutan seperti ini sangat jarang ditemui, sehingga sangat disayangkan jika kita tidak abadikan dengan berfoto ria. Ada satu tempat unik di kawasan ini yang dapat digunakan untuk melihat keseluruhan hutan mangrove lebih dekat. Tempat ini disebut menara tinggi. Bedanya dengan menara pada umumnya, menara ini dibuat menempel pada pohon mangrove yang paling tinggi.

Kawasan ekowisata ini sangat terjaga keasliannya, bahkan kita bisa melihat beragam hewan liar hidup di hutan ini. Hewan liar yang kerap ditemui pengunjung diantaranya adalah ular, biawak, burung-burung, monyet dan beragam binatang liar lainnya.

munjang kurau barat wisata alam

Jika anda lelah berjalan menyusuri hutan mangrove ini, anda dapat beristirahat dengan memanfaatkan kursi yang disediakan pada setiap sisi jalur hutan ini. Dengan duduk bersantai, anda bisa menikmati indahnya pemandangan di kawasan ekowisata ini, sekaligus bercanda bersama teman dan keluarga. Jika anda ingin tempat yang lebih nyaman lagi, kawasan ini juga menyediakan gazebo. Di gazebo ini, anda bisa menggelar acara keluarga, atau berkumpul dengan teman-teman.

Baca juga: Artikel Travel Lainnya

Fasilitas Mangrove Munjang Kurau Barat

Fasilitas di kawasan wisata mangrove Munjang Kurau Barat cukup memadai. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa ada fasilitas perahu yang dapat anda sewa untuk berkeliling kawasan hutan ini. Selain itu, seluruh tempat ini juga dihubungkan dengan jembatan sehingga memudahkan anda mengeksplorasi tempat ini dan menemukan spot foto terbaiknya dengan berjalan kaki.

munjang kurau barat naik perahu

Bagi anda yang beragama Islam, Wisata hutan mangrove ini juga menyediakan area sholat dan toilet yang cukup bersih. Dengan begitu saat waktu sholat tiba, kita tetap bisa melaksanakan ibadah dengan tepat waktu. Begitu pula jika anda ingin buang air kecil.

Fasilitas yang cukup menyenangkan lainnya adalah dengan keberadaan gazebo. Aktivitas makan menjadi sangat menyenangkan, karena pada saat anda makan, anda tetap bisa menyaksikan keindahan alam di hutan mangrove Munjang Kurau Barat ini. Namun, tempat ini tidak menyediakan warung makanan dan minuman apapun. Oleh karena itu, jika anda ingin berkunjung ke kawasan wisata ini sebaiknya anda menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah.

 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Mangrove Munjang Kurau Barat

Dengan suguhan keindahan alam serta fasilitas yang disediakan di objek wisata ini, anda bisa melakukan beragam aktivitas saat berkunjung ke mangrove Munjang Kurau Barat. Salah satu kegiatan yang pertama kali bisa anda lakukan adalah melakukan penjelajahan sungai. Saat menjelajah sungai ini, anda bisa merasakan sensasi seperti berada di hutan Amazon.

Dengan menjelajahi sungai, kita tidak perlu lelah-lelah untuk berjalan kaki, cukup mengeluarkan sejumlah uang, anda sudah bisa menikmati keindahan alam hanya dengan duduk manis di atas perahu. Jika anda adalah pemerhati alam dan penyuka keindahan alam, aktivitas atau kegiatan susur pantai seperti ini akan sangat menyenangkan.

Jika anda tidak puas hanya dengan duduk di atas perahu dan menikmati kawasan ini hanya dengan duduk saja, tidak ada salahnya jika anda menyusuri kawasan ini dengan berjalan kaki. Kawasan ini cukup aman bagi anda untuk berjalan kaki. Saat anda berjalan kaki, anda bisa langsung bersentuhan dengan kawasan hutan mangrove ini.

naik perahu di hutan mangrove

Jalan yang terbuat dari kayu sepanjang kawasan Ekowisata ini membuat tempat ini terlihat semakin menarik. Apalagi banyak spot yang sangat indah untuk sesi pemotretan, baik itu yang memang disediakan oleh pengembang kawasan ini atau yang memang disediakan oleh alam.

Aktivitas lain yang tidak boleh anda lewatkan adalah kegiatan foto-foto. Baik itu foto selfie atau pun foto bersama. Jadi, sepulangnya anda dari tempat ini, anda bisa mendapatkan banyak kenangan yang diabadikan melalui foto yang anda ambil.

Saat berkunjung ke objek ekowisata seperti ini, kita perlu selalu ingat bahwa kawasan ini tidak hanya sebagai tempat wisata saja, tapi juga ditujukan untuk konservasi alam. Oleh karena itu kita harus mendukung dengan ikut menjaga lingkungan saat berada di tempat ini, caranya cukup mudah, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *