5 Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Saku « PesonaDunia

5 Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Saku

Tips foto makro menggunakan kamera saku di bawah ini akan membantu anda mendapatkan hasil foto makro yang berkualitas. Foto makro adalah kegiatan fotografi dengan jarak sangat dekat dengan objek foto yang mana untuk menghasilkan detail tinggi tanpa bantuan lensa zoom.tips foto makro menggunakan kamera saku

Biasanya sebagai fotografer pemula alat yang digunakan hanyalah kamera saku dan itu sulit. Namun anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada tips-tips yang bisa anda coba.

Gunakan mode makro

Tips pertama agar anda bisa mendapatkan foto makro yang berkualitas hanya berbekal kamera saku adalah dengan menerapkan pengaturan mode makro. Pada kebanyakan kamera saku biasanya memiliki pengaturan mode makro yang bisa anda lihat memiliki logo bunga. Nah dengan mengklik logo inilah anda bisa memotret foto makro dengan kamera saku.

tips foto makro menggunakan kamera saku

Perlu anda ingat bahwa tidak setiap mode makro pada setiap kamera saku sama karena terkadang akan menghasilkan fokus yang berbeda-beda. Biasanya fokus yang dimiliki hanya antara 1 cm hingga 5 cm saja. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini anda juga butuh mengatur aperture atau bukaan menjadi lebih besar.

Setting aperture

Di atas sudah disinggung sekilas bahwa untuk mendapatkan foto makro kualitas bagus maka anda harus mengatur bukaan atau aperture yang cocok sesuai kebutuhan anda. Jadi dalam pengaturan aperture anda bisa memilih f-number yang besar jika anda ingin menghasilkan bidang fokus yang luas.

tips foto makro menggunakan kamera saku

Berlaku juga sebaliknya, jika anda mengatur aperture di angka yang kecil, maka bidang fokus yang anda hasilkan juga sempit. Nah untuk pas nya anda bisa mengatur aperture f/4 atau f/5.6 untuk menghasilkan foto makro terbaik dengan kamera saku.

Setting manual focus

Tips foto makro menggunakan kamera saku berikutnya adalah dengan mengatur fokus kamera ke manual. Untuk menghasilkan foto makro yang bagus anda jangan terlalu mengandalkan auto focus. Karena auto focus terkadang tidak akan fokus pada objek yang anda inginkan. Oleh karena itu anda bisa mengaturnya menjadi manual focus yang mana akan memungkinkan anda menentukan titik fokus pada objek foto yang anda inginkan.

Selain manual focus hal berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah komposisi pengambilan gambar. Untuk komposisi anda bisa menerapkan aturan sepertiga yang memungkinkan anda mendapatkan angle yang pas untuk mendapatkan foto makro yang bagus.

Setting pencahayaan

tips foto makro menggunakan kamera saku

Tips berikutnya jika anda ingin menghasilkan foto makro berkualitas dengan kamera saku adalah dengan mengatur pencahayaan yang pas. Pada keadaan minim cahaya biasanya kita akan mengandalkan flash untuk mendapatkan foto yang bagus. Namun dalam kasus foto makro dengan kamera saku flash ini tidak akan membantu anda mendapatkan hasil yang bagus. Alih-alih anda malah bisa memanfaatkan kertas putih sebagai reflektor agar objek foto terlihat mendapatkan pencahayaan yang pas.

Manfaatkan timer kamera

Tips terakhir untuk mendapatkan foto makro berkualitas hanya dengan kamera saku adalah dengan memanfaatkan timer kamera. Dengan timer kamera maka anda akan terbantu sehingga foto yang anda hasilkan akan lebih tajam.

Memang lumrah terjadi kamera goyang ketika anda menekan tombol shutter yang akan membuat fokus foto buruk, nah dengan timer kamera maka anda tidak harus menekan tombol shutter sehingga kamera tidak akan goyang. Anda juga bisa menggunakan Tripod untuk meminimalisir gambar yang blur.

Oke sampai sini pembahasan tentang Tips foto makro menggunakan kamera saku yang bisa anda praktikkan. Semoga bermanfaat dan terus berlatih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *