Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam « PesonaDunia

Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam

Salah satu teknik kamera yang menarik untuk Anda pelajari, salah satunya adalah Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam. Dahulu, teknik foto ini digunakan dalam penelitian untuk mengetahui perbedaan waktu atau lainnya.

tutorial memotret time lapse siang malam

Namun, berjalannya waktu teknik foto time lapse dapat dijadikan sebuah hasil karya yang memukau. Dalam hal ini, banyak fotografer pemula ingin mengetahui Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam.

Menggunakan Interval Shooting

tutorial memotret time lapse siang malam

Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam yang pertama adalah memanfaatkan interval shooting. Jika kamera tidak memiliki fitur tersebut, maka dapat menggunakan intervalometer. Setelah menggunakan intervalometer, selanjutnya Anda harus menentukan waktu yang diperlukan saat pengambilan foto.

Misalnya, Anda ingin mengambil foto dalam waktu 60 menit, maka dapat menerapkan hasil foto hingga 360 frame. Perlu diketahui, saat Anda akan mengambil foto dalam waktu 60 menit dengan jumlah foto 360 frame, jika dijadikan video akan menghasilkan video dengan durasi 15 detik saja.

Menggunakan Tripod

tutorial memotret time lapse siang malam

Tutorial yang kedua untuk mengambil foto dengan teknik time lapse siang ke malam adalah menggunakan tripod. Dalam pengambilan foto time lapse akan memerlukan waktu tidak sedikit, sehingga tidak mungkin Anda memegang kamera pada tempat dan pada waktu yang lama. Solusi untuk permasalahan ini, Anda dapat menyiapkan tripod untuk stand by di tempat sehingga akan menghasilkan foto yang Anda inginkan.

Mengatur Angle Kamera

Setelah menemukan objek yang tepat, maka tugas Anda selanjutnya adalah mengatur angle kamera. Setelah menentukan objek, sebaiknya tidak menggeser kamera agar hasil foto tetap sama sehingga Anda dapat melihat perbedaan foto tersebut. mengatur angle kamera merupakan hal yang akan menentukan kualitas foto yang Anda hasilkan.

Setting ISO

Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam selanjutnya adalah mengatur ISO secara manual, sebab kondisi yang berbeda antara siang dan malam. Saat siang, gunakan ISO yang rendah agar foto tidak over exposure.

Sedangkan saat malam, hindari penggunaan ISO rendah agar foo tidak under exposure. Foto yang terlalu terang atau gelap akan tampak tidak optimal dan kurang tajam, hal ini sangat berpengaruh pada kualitas cahaya pada foto.

Menggunakan Mode Manual

Pengambilan foto dengan teknik time lapse siang ke malam, sebaiknya menerapkan mode manual. Sebab, Anda dapat mengatur setting kamera sesuai yang diinginkan, sehingga foto yang dihasilkan akan lebih optimal.

Tekan Auto Exposure Lock

tutorial memotret time lapse siang malam

Tutorial memotret dengan menggunakan time lapse siang ke malam adalah dengan cara menekan Auto Exposure Lock. Fitur ini berguna agar kamera tidak secara otomatis dalam pengaturan pencahayaan. Sebab, fitur Auto Exposure Lock akan mengakibatkan efek kedip pada foto, sehingga hasil foto tidak optimal.

Menggunakan Aplikasi Premiere atau After Effect

Pada tahap akhir, setelah Anda menghasilkan ratusan atau ribuan foto yang diambil dalam waktu yang tidak singkat, maka langkah selanjutnya adalah editing foto. Anda dapat menggunakan aplikasi Premiere atau After Effect untuk mengkonversi foto-foto yang sudah diambil menjadi sebuah video.

Foto yang diambil dengan menggunakan teknik time lapse merupakan penggabungan beberapa foto dalam waktu yang berbeda. Foto time lapse biasanya digunakan fotografer landscape untuk memotret pemandangan. Tutorial Memotret Time Lapse Siang ke Malam sering dicari dan digunakan oleh para fotografer pemula. Keindahan yang diciptakan dari perpindahan antara waktu siang ke malam sangat tepat untuk diabadikan menjadi sebuah karya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *